Kamis, 29 Mei 2008

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE SNOWBALLING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA


ABSTRAKSI

Oleh : SAEPUL HIKMAT SUWARMAN


Pendidikan bertujuan untuk mencapai proses pengembangan kepribadian manusia ke arah yang lebih baik yang mencakup aspek pengetahuan (cognitive), sikap (apektif), dan keterampilan (psikomotor). Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut diperlukan suatu metode pengajaran yang dapat menumbuhkan keaktifan siswa ke arah kualitas pembelajaran, berpikir kritis, kreatif dan analistis. Salah satu metode yang dapat menumbuhkan keaktifan belajar yaitu metode diskusi model snowballing. Dimana melalui metode ini diharapkan terjadi komunikasi antara guru dan siswa untuk memecahkan suatu permasalahan yang sedang dibahas. Dengan demikian dapat difahami bahwa penggunaan metode snowballing mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap peningkatan kualitas pembelajaran siswa.
Dari latar belakang itulah penulis mengambil judul tersebut di atas.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sejauhmanakah efektivitas penggunaan metode snowballing dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmanakah efektivitas penggunaan metode snowballing dalam meningkatkan pembelajaran siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan untuk mengumpulkan datanya menggunakan observasi, angket, wawancara, dan hasil belajar.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode snowballing mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap peningkatan kualitas pembelajaran siswa. Karena melalui metode diskusi model snowballing terjadi interaksi siswa dengan guru, sehingga proses belajar mengajar berjalan efektif dan respon siswa dalam memecahkan masalah baik yang diajukan siswa ataupun oleh guru sangat nampak ketika belajar dengan metode snowballing dan siswa terlihat aktif menjawab pertanyaan serta mempertanyakan kembali masalah yang dibahasnya sedetail mungkin. Pembelajaran kewarganegaraan terlihat meningkat ketika metode snowballing dipakai dalam proses pembelajaran, karena masalah-masalah sosial yang sedang terjadi sering diajukan dan disajikan menjadi bahan yang harus dipecahkan bersama dengan demikian hal itu, secara otomatis membangkitkan kreativitas siswa untuk memberikan pendapat dari berbagai pengalamannya.


Tidak ada komentar: