Kamis, 29 Mei 2008

Kontribusi Guru PKn Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Sebagai Generasi Muda di SMP Negeri I Pasirwangi Kabupaten Garut

ABSTRAK

Oleh : Ujang Karim

Penelitian ini dilakukan penulis yang di tuangkan dalam bentuk skripsi dengan judul “Kontribusi Guru PKn Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Sebagai Generasi Muda di SMP Negeri I Pasirwangi Kabupaten Garut”.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana realita akhlak siswa, serta peran guru PKn dalam pembinaan siswa dan langkah-langkah yang dilakukan guru PKn dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 1 Pasirwangi.

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran realita akhlak siswa (2) Untuk mengetahui kontribusi guru PKn dalam membina akhlak siswa (3) Untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan guru PKn dalam pembinaan akhlak siswa sehingga nantinya ada manfaat bagi penulis serta siswa yang diteliti.

Adapun metode yang digunakan untuk penelitian ini metode deskriptif dengan ciri sebagai berikut: (1) Memusatkan diri pada permasalahan yang ada pada masa sekarang dan masalah-masalah yang aktual (2) Data dikumpulkan mula-mula di susun dan dijelaskan kemudian di analisa

Teknis pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) Teknik komunikasi secara langsung guru PPKn dengan alat sebagai wawancara, (2) Teknik komunikasi secara tidak langsung yaitu dengan menggunakan alat angket.

Setelah data terkumpul kemudian di olah sehingga data tersebut menjadi skor yang dapat di prosentasikan, populasi adalah 93 orang siswa di tambah 3 orang guru.

Berdasarkan hasil penelitian ini dan hasil pembahasan mengenai kontribusi guru PKn dalam pembinaan akhlak siswa sebagai generasi muda di SMP Negeri I Pasirwangi Kab. Garut dapat disimpulkan, sebagai berikut : (1) bahwa guru-guru PKn di SMP Negeri I Pasirwangi bisa mendorong perubahan tingkah laku yang positif bagi siswa, (2) guru selalu membahas dengan penjelasan yang menarik (3) dalam proses belajar mengajar PBM siswa dapat menentukan keberhasilan belajar.

Dengan adanya kontribusi guru PKn dalam pembinaan akhlak itu, kita harus menyadari pembinaan akhlak siswa di sekolah bukan hanya tanggung jawab guru saja melainkan harus ada kerja sama dengan orang tua di rumah sehingga harapan bagi semua tiada lain pembinaan yang utama adalah akhlak sangat penting agar mengenai perilaku siswa yang menyimpang dapat diatasi semaksimal mungkin.

1 komentar:

My Profil mengatakan...

setelah kami baca kami ingin mengenal lebih lanjut hasil dari penelitiannya, bisa tidak ya kami berkomunikasi langsung dengan anda /