Kamis, 29 Mei 2008

PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM MULTI MEDIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

ABSTRAK

Oleh Nurleni

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Laboratorium Multi Media Terhadap Prestasi Belajar Anak Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan” (Studi Korelasional Pada Kelas X Di SMAN 1 Garut). Latar belakang dalam penelitian ini adalah bahwa Media belajar sangat banyak ragamnya, akan tetapi dibalik keragaman media tersebut, terdapat kesinambungan atau hubungan yang berkaitan yang semuanya dapat dipakai dalam mengatasi kesulitan belajar. Kesulitan belajar dapat terjadi sebagai konsekuensi dari keanekaragaman target atau tujuan pembelajaran yang disampaikan guru, sehingga untuk mengurangi kesulitan tersebut guru harus pandai memilih/menentukan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yang disampaikannya.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Masalah yang akan dibahas dalam skripsi ini secara umum dapat dirumuskan sebagai berikut : “Bagaimana pengaruh penggunaan laboratorium multi media terhadap prestasi belajar anak pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada kelas X di SMAN I Garut”.

Tujuan penelitian yang penulis rumuskan antara lain : Secara umum penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi secara empiris tentang pengaruh penggunaan laboratorium multi media terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada kelas X di SMAN I Garut. Adapun secara khusus penelitian ini dimaksudkan untuk : 1) Mengetahui efektifitas penggunaan laboratorium multi media pada kelas X di SMAN I Garut. 2) Mengetahui prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada kelas X di SMAN I Garut. 3) Mengetahui kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam menggunakan laboratorium multi media pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada kelas X di SMAN I Garut.

Hipotesis dalam penelitian ini adalah : 1) Jika pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan laboratorium multi media dilaksanakan dengan baik, maka siswa akan termotivasi untuk belajar. 2) Jika dengan penggunaan multi media dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa termotivasi untuk belajar, maka prestasi belajar siswa akan meningkat.

Maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Motivasi belajar siswa nampak sekali ketika belajar dengan menggunakan laboratorium multi media, dibuktikan pada rentang nilai 3,51 – 4,50 yaitu 4,13 termasuk dalam kualifikasi tinggi. Hasrat belajar siswa meningkat dibuktikan pada rentang nilai 3,51 – 4,50 yaitu 4,08 termasuk dalam kualifikasi tinggi. Kemampuan melatih menggunakan perangkat multi media di laboratorium multi media dibuktikan pada rentang nilai 2,51 – 3,50 yaitu 3,23 termasuk dalam kualifikasi sedang. Efektifitas penggunaan laboratorium multi media dan peningkatan motivasi belajar dibuktikan pada rentang nilai 3,51 – 4,50 yaitu 4,31 termasuk dalam kualifikasi tinggi. 2) Keterkaitan atau pengaruhnya dibuktikan dengan pengujian statistik dengan menggunakan uji korelasi. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai korelasi sebesar -0,09. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan laboratorium multi media kurang mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

Tidak ada komentar: