Kamis, 29 Mei 2008

PERANAN PROFESIONALISME TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DI DALAM PENGAJARAN KEWARGANEGARAAN KELAS VII SMPN I PASIRWANGI TAHUN

ABSTRAK

Oleh : Agus Saepudin

Profesionalisme merupakan spesialisasi ilmu yang mengandung arti keahlian yang dapat diaplikasikan dalam menjalankan profesi tersebut. Pada hakikatnya merupakan pengabdian kepada masyarakat demi kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Profesionalisme tenaga kependidikan adalah pembina di tingkat formal yaitu sekolah agar dapat memberikan arahan, bimbingan dan inspirasi terhadap siswa untuk mengembangkan kreativitas dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa, karena kreativitas merupakan media bagi siswa untuk mengembangkan bakat dan kemampuan siswa terpendam yang dimiliki siswa. Dengan sarana kreativitas ini, siswa dapat dipupuk dan dibina agar menjadi siswa yang mandiri. Lalu dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Deskriptif Kualitatif yakni hanya menafsirkan gejala yang terjadi pada waktu pengumpulan data.

Berdasarkan pemikiran di atas dan permasalahan yang timbul di lapangan, penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut :

1. Upaya-upaya yang dapat dilaksanakan oleh seorang profesionalisme tenaga kependidikan dalam meningkatkan kreativitas siswa di dalam pengajaran Kewarganegaraan di SMPN I Pasirwangi, diantaranya dengan menggunakan pendekatan dan menggunakan variatif metode dalam PBM serta memberikan arahan dan bimbingan terhadap siswa.

2. Kendala-kendala yang ditemukan oleh seorang profesionalisme tenaga kependidikan dalam meningkatkan kreativitas siswa di dalam pengajaran Kewarganegaraan di SMPN I Pasirwangi adalah kurangnya komunikasi dan informasi antara guru dan siswa.

3. Metoda-metoda yang digunakan oleh seorang profesionalisme tenaga kependidikan dalam meningkatkan kreativitas siswa di dalam pengajaran Kewarganegaraan di SMPN I Pasirwangi diantaranya memberikan penghargaan penilaian terhadap ide, imajinasi atau gagasan yang dimiliki siswa sehingga merasa terangsang dan pendapatnya merasa mempunyai nilai yang sangat berharga bagi hidupnya.

Tidak ada komentar: