Kamis, 29 Mei 2008

STUDI KEPEDULIAN MASYARAKAT DALAM MEMBANTU PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ALTERNATIF BALE RAHAYAT.

ABSTRAK

Oleh : Uhyana


Judul yang penulis ambil dalam skripsi ini adalah Studi Kepedulian masyarakat dalam membantu penyelenggaraan Pendidikan Alternatif Bale Rahayat.

Alasan pengambilan judul Skripsi ini adalah karena ketertarikan penulis atas kepedulian masyarakat dalam mendirikan Pendidikan Alternatif, karena Pendidikan Alternatif merupakan salah satu bentuk pendidikan yang memperluas kesempatan belajar bagi masyarakat yang selama ini tidak merasakan pendidikan, yang disebabkan karena masalah ekonomi lemah, letak geografis yang jauh serta kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pendidikan.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Sejauhmana Kepedulian Masyarakat dalam Membantu Penyelenggaraaan Pendidikan Alternanif Bale Rahayat? yang dikhususkan sebagai berikut : 1. Sejauhmana Respon masyarakat dalam membantu penyelenggaraan Pendidikan Alternanif Bale Rahayat? 2. Sejauhmana kerjasama antara masyarakat dan pemerintah dalam menyelenggarakan Pendidikan Alternatif Bale Rahayat? dan 3. Apakah hambatan-hambatan dalam penyelenggaraan Pendidikan Alternatif Bale Rahayat?

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :

1. Untuk Mengetahui sejauhmana respon masyarakat dalam membantu penyelenggaraan Pendidikan Alternatif Bale Rahayat.

2. Untuk mengetahui sejauhmana kerjasama antara masyarakat dan pemerintah dalam menyelenggarakan Pendidikan Alternatif Bale Rahayat.

3. Untuk mengetahui hambatan-hambatan apa yang menyulitkan masyarakat, dalam menyelenggarakan Pendidikan Alternatif Bale Rahayat.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif. Untuk memperoleh data yang diperlukan dengan menggunakan instrumen penelitian adalah masyarakat Kampung Dano dengan Populasi sebanyak 187 kepala keluarga yang terdiri dari 3 RT dan 1 RW sedangkan sampelnya sebanyak 37 kepala keluarga.

Dari hasil temuan di lapangan menunjukkan bahwa masyarakat Kampung Dano tidak diperhatikan oleh pemerintah yang terbukti banyaknya anak usia sekolah yang tidak merasakan pendidikan formal. dari itulah muncul suatu gagasan brilian dari tokoh pemuda sehingga mereka merumuskan suatu pendidikan yang bisa menampung anak-anak. Untuk itulah Pendidikan Alternatif Bale Rahayat diselenggarakan di Kampung Dano.

Dengan berdirinya Pendidikan Alternatif Bale Rahayat besar harapan masyarakat yaitu masyarakat cerdas dan masyarakat berwibawa.

Tidak ada komentar: