Kamis, 29 Mei 2008

Suatu Kajian Fungsi Kegiatan Pembinaan Kreativitas

ABSTRAK

Oleh Alit Tresnawati

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana fungsi kegiatan pembinaan kreativitas dalam pengembangan bakat dan minat siswa di SMP Negeri 1 Cisompet Kabupaten Garut, yang dibatasi masalahnya yaitu: (1) Sejauhmana fungsi kegiatan pembinaan kreativitas dalam pengembangan bakat dan minat siswa di SMP Negeri 1 Cisompet Kabupaten Garut; (2) Upaya apa yang dilakukan dalam pengembangan bakat dan minat siswa di sekolah; (3) Hambatan-hambatan apa saja dalam pengembangan bakat dan minat siswa di sekolah.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai pembinaan kreativitas siswa serta pengembangan bakat dan minatnya dimana dalam pembinaan tersebut menggunakan suatu wadah sebagai alat, yaitu klub bakat, minat, dan kreativitas siswa. Sehingga tujuan dari penelitian ini dapat dirinci sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui sejauhmana fungsi kegiatan pembinaan kreativitas dalam pengembangan mengenai bentuk-bentuk berupa penguasaan dalam bidang: ilmu pengetahuan, teknologi, olahraga, seni, keterampilan, kewirausahaan, dan sebagainya; (2) Untuk mengetahui pengembangan bakat dan minat siswa; (3) Untuk mengetahui hambatan-hambatan apa dalam pengem-bangan bakat dan minat siswa di SMP Negeri 1 Cisompet Kabupaten Garut

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data/instrumen penelitian yang penulis ajukan dalam penelitian ini meliputi: (1) Teknik angket atau kuesioner; (2) Teknik observasi; (3) Teknik wawancara; (4) Teknik studi dokumentasi.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 di SMP Negeri 1 Cisompet Kabupaten Garut yang berjumlah 360 populasi. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 25% dari jumlah siswa kelas 2. Sehingga jumlah keseluruhan sampel 90 orang siswa.

Temuan dalam penelitian ini adalah bahwa pembinaan yang dilaksanakan secara terpadu akan mampu mengembangkan bakat dan minat siswa, sehingga siswa akan menguasai keterampilan dalam bidang: ilmu pengetahuan, teknologi, keterampilan, olahraga, seni dan kewirausahaan. Hal tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi kehidupan siswa maupun orang lain di masa yang akan datang.

Tidak ada komentar: