Kamis, 29 Mei 2008

Suatu Kajian tentang Keterampilan Dasar Mengajar Guru PPKn dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Bidang Studi PPKn

ABSTRAK

Oleh : Agus Tubagus

Untuk meningkatkan profesi belajar mengajar yang diinginkan hendaknya kita sebagai pendidik mempunyai acuan yang jelas, agar tujuan kita tercapai dengan baik. Tujuan tersebut harus sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang sudah dicanangkan oleh pemerintah. Oleh karena itu penulis sengaja mengambil judul penelitian yang mengarah kepada hal tersebut di atas yaitu Suatu Kajian tentang Keterampilan Dasar Mengajar Guru PPKn dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Bidang Studi PPKn di SMP Negeri 1 Cisompet Kabupaten Garut.

Betapa penting penggunaan dan penerapan keterampilan dasar mengajar dalam mencapai hasil belajar siswa. Oleh karena itu maka masalahnya adalah sampai seberapa jauh penerapan keterampilan dasar mengajar yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi PPKn?

Adapun tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana keterampilan dasar mengajar, penggunaan, agar prestasi siswa meningkat.

Harapan penulis agar penelitian ini mempunyai pengetahuan praktis bagi penulis dan lembaga pendidikan pada umumnya.

Metode yang digunakan adalah metode deskriptif karrena msalah keterampilan dasar mengajar selalu diperlukan dan diterapkan dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara: studi literatur, observasi, wawancara, dan angket.

Populasi yang diambil adalah seluruh siswa SMPN 1 Cisompet yang berjumlah 858 siswa, seluruh guru PPKn yang berjumlah 2 orang.

Untuk sampel sengaja akan diambil dari siswa kelas VIII yang berjumlah 263 dan diambil sekitar 40% yakni sebanyak 105 orang.

Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan wawancara.

Dari hasil temuan yang diperoleh adalah guru PPKn sebelum melaksanakan proses belajar mengajar mempersiapkan diri maupun materi pelajaran. Ketika sedang proses berlangsung memanfaatkan situasi dengan baik. Adanya interaksi antara guru dan murid dalam proses belajar sehingga tercipta kehangatan dalam belajar yang aktif.

Tidak ada komentar: