Senin, 02 Juni 2008

PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK PERILAKU SISWA YANG BAIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PAMEUNGPEUK

ABSTRAK

Oleh : Yani Andayani

Bertitik tolak dari peranan guru PKn di dalam membina sikap anak didik itu belum mencapai hasil ang optimal, maka peranan guru diharapkan dapat membentuk perilaku siswa yang baik.

Masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah peranan pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai pelajaran yang menyangkut nilai dalam membina sikap dan perilaku siswa yang baik di SMA Negeri I Pameungpeuk, dan (2) Bagaimanakah peranan guru pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di dalam mengarahkan siswa SMA Negeri I Pameungpeuk untuk menjadi siswa yang memiliki perilaku yang baik?

Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini antara lain : (1) ingin mngetahui peranan Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam membina perilaku siswa yang baik di SMA Negeri I Pameungpeuk; dan (2) ingin mengetahui peranan guru pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di dalam mengarahkan dan membina siswa SMA Negeri I Pameungpeuk untuk menjadi siswa yang memiliki perilaku yang baik.

Di dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan data yang terkumpul dan hasil analisis, penulis dapat menarik beberapa simpulan dari penelitian ini, yaitu : (1) siswa-siswi SMA Negeri I Pameungpeuk telah memahami maksud dan tujuan diajarkannya pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), yaitu sebagai suatu bidang studi yang berupaya meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan kemampuan memahami, menghayati, dan meyakini nilai-nilai Pancasila; (2) dengan adanya pelajaran PKn, siswa-siswi SMA Negeri I Pameungpeuk semakin memahami dan menghayati nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam setiap sila Pancasila: dan (3) perilaku-perilaku yang negatif dari siswa-siswi SMA Negeri I Pameungpeuk umumnya masih tergolong tindakan yang ringan, sebagian besar serta kejadiannyapun insidental dan dalam tempo yang tidak terlalu sering.

Berdasarkan simpulan tersebut, beberapa saran yang dapat penulis kemukakan antara lain : (1) siswa-siswi SMA Negeri I Pameungpeuk diharapkan untuk semakin meningkatkan upaya di dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai moral dan tuntunan hidup yang terkandung di dalam sila-sila Pancasila dan juga diharapkan untuk selalu mengadakan koordinasi atau hubungan yang timbal balik, baik dengan guru maupun dengan teman sesama siswa; (2) guru Pendidikan Kewarganegaraan diharapkan untuk terus menerus berusaha mengarahkan siswanya supaya bersikap dan bertingkah laku sesuai dengan tuntunan yang terdapat di dalam materi Pelajaran PKn. Kemudian dalam mengukur keberhasilan pelajaran PKn, diharapkan guru-guru dapat mengambil langkah yang efektif. Selain itu, diharapkan pula dapat melakukan hubungan serta kerja sama yang timbal balik, baik dengan sesama guru atau dengan orang tua siswa; dan (3) guru-guru bidang studi yang lainnya, diharapkan dapat memberikan bantuan dan dukungan yang positif kepada guru bidang studi PKn, dalam rangka mewujudkan peranan pelajaran PKn di dalam membina moral dan sikap siswa agar mampu menjadi warga masyarakat madani.

Tidak ada komentar: