Kamis, 29 Mei 2008

PERANAN RAUDLATUL ATHFAL SABILIL HUDA DALAM MEMBIMBING PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI DI DESA JATISARI KECAMATAN CISOMPET KABUPATEN GARUT

ABSTRAK

Oleh Nunung Yunarsih


Penelitian yang berjudul “Peranan Raudlatul Athfal Sabilil Huda Dalam Membimbing Perkembangan Moral Anak Usia Dini Di Desa Jatisari Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut”, dilaksanakan di Raudlatul Athfal Sabilil Huda desa Jatisari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peranan Raudlatul Athfal Sabilil Huda dalam membimbing perkembangan moral anak usia dini, sehingga hasilnya dapat dijadikan sumbangan pemikiran baru bagi para orang tua, guru dan pihak-pihak lain yang terlibat dengan pendidikan anak.

Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda deskriptif yaitu penelitian yang berusaha mendeskiptifkan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat sekarang. Alat pengumpul data yang digunakan berupa angket untuk orang tua siswa dan pedoman wawancara untuk kepala sekolah, guru dan tokoh masyarakat. Sampel penelitian diambil dari tokoh masyarakat sebanyak 10 orang, guru sebanyak 6 orang dan kepala sekolah, orang tua siswa sebanyak 60 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik prosentase dan kemudian ditafsirkan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, kemudian di tarik kesimpulan.

Dari hasil analisis data diperoleh bahwa ternyata peranan Raudlatul Athfal Sabilil Huda dalam membimbing perkembangan anak usia dini di desa Jatisari sangat positif. Hal ini terbukti dari hasil angket yang disebar dan wawancara dengan kepala sekolah, guru dan tokoh masyarakat mendapat jawaban mayoritas bahwa (1) Peranan Raudlatul Athfal Sabilil Huda dalam membimbing perkembangan anak usia dini sangat baik dan sangat besar sekali. (2) Segala hambatan yang dihadapi kepala Raudlatul Athfal Sabilil Huda dalam membimbing perkembangan moral anak, pada umumnya dapat teratasi dengan baik. (3) Banyak dukungan masyarakat terhadap program pembelajaran Raudlatul Athfal, baik dukungan moril maupun dukungan materil.

Terhadap hasil penelitian yang dilakukan, penulis menghimbau kepada para orang tua,guru dan masyarakat serta semua pihak yang terkait dengan pendidikan anak untuk selalu memperhatikan, membimbing, mengawasi moral anak-anaknya dan menjadi suri tauladan bagi mereka, agar mereka senantiasa terarah, terbimbing, dan terhindar dari prilaku moral yang negatif.

Tidak ada komentar: