ABSTRAKSI
Oleh : Oos Rosidah
“SUATU KAJIAN PERANAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
DALAM MEMBINA TATAKRAMA KEHIDUPAN SOSIAL SISWA
DI SD KARYAMEKAR 01”
(Studi Deskritif pada siswa SD Karyamekar 01 Desa Karyamekar
Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut).
Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukkan warganegara
Tujuan penelitian; Ingin mengetahui peranan pendidikan kewarganegaraan dalam membina tatakrama sosial siswa di sekolah, mengetahui hambatan-hambatan menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah, serta mengetahui usaha guru dan siswa menanggulangi hambatan tersebut..
Penulis beranggapan dasar bahwa: Terbinanya sikap tatakrama siswa di sekolah adalah merupakan faktor utama yang dihasilkan dari proses penanaman serta keterampilan proses pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Jika penyampaian nilai-nilai yang terkandung dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dapat diserap oleh siswa, maka tatakrama sosial siswa di sekolah akan terbina. Dan jika para siswa mengikuti petunjuk yang telah diamanatkan dalam nilai-nilai yang terkandung dalam mata pelajaran kewarganegaraan, maka akan tercipta keamanan dan ketertiban di sekolah. Adapun teknik penelitiannya adalah memakai : Angket, Wawancara, Observasi, dan Studi Pustaka
Dalam pengolah data penulis menempuh langkah: Pemeriksaan data, Tabulasi data, Penafsiran data, Menganalisa data dengan jalan menghubungkan data yang satu dengan yang lain. Setelah itu membuat kesimpulan dengan interval rumusan penafsiran data berpegang kepada pendapat Eko Budiarto (1982:41) dengan rumus: P =
Sedangkan Populasi penelitian adalah guru dan siswa di SD Karyamekar 01 sebanyak 439 orang siswa dengan spesifikasi sampel berjumlah 80 orang dalam perincian kelas enam 30 orang, kelas lima 20 orang dan kelas empat 20 orang.
Sebagai hasil penelitian bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat mempengaruhi sikap siswa di sekolah, jika penyampaiannya dapat diserap oleh mereka..Untuk itu diperlukan proses belajar mengajar yang baik, efektif dan efisien agar tatakrama sosial siswa di sekolah akan terbina dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar