Kamis, 29 Mei 2008

Suatu Kajian tentang Efektifitas Pengelolaan Kelas dalam Mewujudkan Tujuan Pembelajaran di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Cisompet III

ABSTRAK

Oleh : Wawan Gunawan


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana efektifitas pengelolaan kelas dalam mewujudkan tujuan pembelajaran di kelas VI Sekolah Dasar Negeri Cisompet III ?” Rumusan masalah utama penelitian tersebut dibatasi lebih lanjut dalam rumusan sub-sub masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana pengkondisian kelas dalam mewujudkan tujuan pembelajaran di kelas VI SDN Cisompet III ? (2) Bagaimana kegiatan administratif manajemen kelas dalam mewujudkan tujuan pembelajaran di kelas VI SDN Cisompet III ? (3) Bagaimana kegiatan operatif manajemen kelas dalam mewujudkan tujuan pembelajaran kelas VI SDN Cisompet III ? (4) Bagaimana hambatan pengelolaan kelas dalam mewujudkan tujuan pembelajaran di kelas VI SDN Cisompet III ?

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas pengelolaan kelas dalam mewujudkan tujuan pembelajaran di kelas VI Sekolah Dasar Negeri Cisompet III. Secara khusus, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana pengkondisian kelas dalam mewujudkan tujuan pembelajaran di kelas VI SDN Cisompet III; (2) Untuk mengetahui bagaimana kegiatan administratif manajemen kelas dalam mewujudkan tujuan pembelajaran di kelas VI SDN Cisompet III; (3) Untuk mengetahui bagaimana kegiatan operatif manajemen kelas dalam mewujudkan tujuan pembelajaran kelas VI SDN Cisompet III; (4) Untuk mengetahui bagaimana hambatan pengelolaan kelas dalam mewujudkan tujuan pembelajaran di kelas VI SDN Cisompet III.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif. Alasannya adalah bahwa penelitian yang dilakukan berkaitan dengan mendeskripsikan, yaitu membuat gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta tentang efektifitas pengelolaan kelas dalam mewujudkan tujuan pembelajaran di kelas VI SDN Cisompet III. Adapun teknik pengumpulan data/instrumen penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) Observasi; (2) Wawancara; (3) Angket; dan (4) Studi literatur.

Populasi dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru dan siswa serta orangtua siswa kelas VI SDN Cisompet III tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 65 orang. Karena populasinya kurang dari 100 orang maka seluruh populasinya dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini.

Temuan dalam penelitian ini adalah pengelolaan kelas di kelas VI Sekolah Dasar Negeri Cisompet III sudah efektif sehingga dapat mewujudkan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Keberhasilan SDN Cisompet III ditunjang oleh berbagai faktor diantaranya tempatnya yang strategis, kondisi bangunan maupun situasi lingkungan yang sangat mendukung, tersedianya tenaga pengajar yang memadai, serta sarana dan prasarana yang sudah cukup lengkap.

Tidak ada komentar: